Laman

26/11/11

BEKAM KETIKA SHAUM

فَصْلٌ [ جَوَازُ احْتِجَامِ الصّائِمِ وَالْخِلَافُ فِي فِطْرِهِ ]
Bolehnya Berbekam Ketika Shaum dan Perbedaan Pendapat Mengenai Batalnya

وَفِي ضِمْنِ هَذِهِ الْأَحَادِيثِ الْمُتَقَدّمَةِ اسْتِحْبَابُ التّدَاوِي وَاسْتِحْبَابُ الْحِجَامَةِ وَأَنّهَا تَكُونُ فِي الْمَوْضِعِ الّذِي يَقْتَضِيهِ الْحَالُ وَجَوَازُ احْتِجَامِ الْمُحْرِمِ وَإِنْ آلَ إلَى قَطْعِ شَيْءٍ مِنْ الشّعَرِ فَإِنّ ذَلِكَ جَائِزٌ .

( Fasal ) Didalam hadits-hadits terdahulu terdapat anjuran untuk berobat dan anjuran untuk berbekam dan bahwa berbekam itu harus ditempatkan pada posisinya yang tepat. Hadits-hadits itu juga menunjukan kebolehan berbekam bagi orang yang berihram , meskipun akan memutuskan sebagian dari rambutnya karena memang dibolehkan .

وَفِي وُجُوبِ الْفِدْيَةِ عَلَيْهِ نَظَرٌ وَلَا يَقْوَى الْوُجُوبُ وَجَوَازُ احْتِجَامِ الصّائِمِ فَإِنّ فِي " صَحِيحِ الْبُخَارِيّ " أَنّ رَسُولَ اللّهِ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ احْتَجَمَ وَهُوَ صَائِمٌ
وَلَكِنْ هَلْ يُفْطِرُ بِذَلِكَ أَمْ لَا ؟ مَسْأَلَةٌ أُخْرَى الصّوَابُ الْفِطْرُ بِالْحِجَامَةِ لِصِحّتِهِ عَنْ رَسُولِ اللّهِ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ مِنْ غَيْرِ مُعَارِضٍ وَأَصَحّ مَا يُعَارَضُ بِهِ حَدِيثُ حِجَامَتِهِ وَهُوَ صَائِمٌ .

Dalam hal kewajiban berfidyah atasnya diperlukan pertimbangan dan kewajiban ini tidaklah kuat.

Dan berkenaan dengan kebolehan berbekam bagi orang yang berpuasa , termuat didalam Shahih Al-Bukhari: “ Adalah Rosulullah saw. berbekam, sedang beliau berpuasa “. Namun apakah dengan begitu beliau berbuka atau tidak , merupakan masalah lain .Jawaban yang benar adalah bahwa berbekam berarti berbuka puasa , karena ucapan ini shahih dari Rasulullah saw. Tanpa seorangpun yang menentangnya . yang paling shahih untuk dijadikan sebagai lawannya adalah hadits berbekam beliau Saw. Ketika beliau sedang berpuasa.

وَلَكِنْ لَا يَدُلّ عَلَى عَدَمِ الْفِطْرِ إلّا بَعْدَ أَرْبَعَةِ أُمُورٍ

Akan tetapi yang menunjukan bahwa puasa itu tidak batal ada 4 :

أَحَدُهَا : أَنّ الصّوْمَ كَانَ فَرْضًا .
الثّانِي : أَنّهُ كَانَ مُقِيمًا .
الثّالِثُ أَنّهُ لَمْ يَكُنْ بِهِ مَرَضٌ احْتَاجَ مَعَهُ إلَى الْحِجَامَةِ .
الرّابِعُ أَنّ هَذَا الْحَدِيثَ مُتَأَخّرٌ عَنْ قَوْلِهِ أَفْطَرَ الْحَاجِمُ وَالْمَحْجُومُ

  1. Puasa Fardhu ( selama bulan Ramadhan )
  2. Beliau bermukim.
  3. Beliau tidak menderita penyakit yang memerlukan berbekam
  4. Hadits ini datang kemudian dari ucapan beliau Saw. :” Batal Puasa orang yang membekam dan berbekam”.

فَإِذَا ثَبَتَتْ هَذِهِ الْمُقَدّمَاتُ الْأَرْبَعُ أَمْكَنَ الِاسْتِدْلَالُ بِفِعْلِهِ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ عَلَى بَقَاءِ الصّوْمِ مَعَ الْحِجَامَةِ وَإِلّا فَمَا الْمَانِعُ أَنْ يَكُونَ الصّوْمُ نَفْلًا يَجُوزُ الْخُرُوجُ مِنْهُ بِالْحِجَامَةِ وَغَيْرِهَا أَوْ مِنْ رَمَضَانَ لَكِنّهُ فِي السّفَرِ أَوْ مِنْ رَمَضَانَ فِي الْحَضَرِ لَكِنْ دَعَتْ الْحَاجَةُ إلَيْهَا كَمَا تَدْعُو حَاجَةُ مَنْ بِهِ مَرَضٌ إلَى الْفِطْرِ أَوْ يَكُونُ فَرْضًا مِنْ رَمَضَانَ فِي الْحَضَرِ مِنْ غَيْرِ حَاجَةٍ إلَيْهَا لَكِنّهُ مُبْقًى عَلَى الْأَصْلِ .

Apabila keempat premise ini telah dikonfirmasikan, maka mungkinlah untuk menyimpulkan perbuatan Nabi Saw. Bahwa berbekam tidak mebatalkan puasa .jika tidak , maka tidak ada yang menghalangi bahwa puasa itu puasa sunat yang diperbolehkan untuk keluar darinya baik dengan berbekam maupun dengan perbuatan yang lain , atau puasa itu puasa ramadhan , akan tetapi beliau sedang bepergian . atau puasa itu puasa ramadhan dan beliau sedang bermukim, tetapi ditungtut keperluan , sebagaimana keperluan orang yang sakit untuk berbuka . atau puasa itu fardhu Ramadhan dan beliau bermukim tanpa dituntut keperluan dan inilah asal hukumnya.

وَقَوْلُهُ أَفْطَرَ الْحَاجِمُ وَالْمَحْجُومُ نَاقِلٌ وَمُتَأَخّرٌ فَيَتَعَيّنُ الْمَصِيرُ إلَيْهِ وَلَا سَبِيلَ إلَى إثْبَاتِ وَاحِدَةٍ مِنْ هَذِهِ الْمُقَدّمَاتِ الْأَرْبَعِ فَكَيْفَ بِإِثْبَاتِهَا كُلّهَا . وَفِيهَا دَلِيلٌ عَلَى اسْتِئْجَارِ الطّبِيبِ وَغَيْرِهِ مِنْ غَيْرِ عَقْدِ إجَارَةٍ بَلْ يُعْطِيهِ أُجْرَةَ الْمِثْلِ أَوْ مَا يُرْضِيهِ .

Ucapan beliau Saw. : “ Batal puasa orang yang membekam dan berbekam “.

Adalah pembatalan dan datang kemudian , sehingga tentulah referensinya.

Apabila tidak ada sarana yang dapat membuktikan salah satu dari keempat premise ini, maka bagaimana mungkin akan membuktikan keempat-empatnya ? premise-premise ini mengandung kemungkinan untuk menyewa seorang dokter dan orang lain tanpa adanya kontrak yang penting.Dokter akan diberi upah yang sepadan atau imbalan yang memuaskan .

sumber : الطب النبوي لإبن القيم

Tidak ada komentar: